Kamis, 15 Maret 2012

Alasan Es Kutub Membeku Pada Bagian Atas Saja

Suatu benda itu akan memuai (volume bertambah) bila suhu bertambah dan menyusut (volume berkurang) bila suhu berkurang. Namun beda dengan air, air memiliki sifat keanehan yang tidak sama dengan sifat benda lainnya.

Pada saat suhu udara di permukaan sungai atau danau menurun sampai 4 C, volume air akan menyusut (berkurang) akibatnya massa jenis air bertambah besar (ingat massa jenis itu = massa / volume) Massa jenis air paling besar terjadi pada suhu 4 C

Karena massa jenis air bertambah, maka air yang ada dipermukaan sungai/ danau akan turun ke bawah permukaan, sementara air yang ada di dasar karena massa jenisnya lebih ringan akan naik ke atas. Proses ini akan terjadi terus sampai suhu mencapai 4 C.

Nah ketika suhu turun terus mulai 4 C ke bawah, anomali air akan terjadi. Seharusnya benda kalau didinginkan terus volume akan menyusut (mengecil) tapi dalam hal ini tidak berlaku untuk air. Air yang ada di permukaan (karena suhu udara semakin dingin) volume akan bertambah. Air di permukaan menjadi es dan volume air justru bertambah /memuai (ingat kan kenapa kalau kita bikin es batu dibungkus plastik, kalau sudah beku pasti menggembung). Akibatnya massa jenis akan berkurang (ingat massa jenis = massa / volume).

Nah karena massa jenis lebih ringan dari air yang ada di bawah, maka air tidak akan turun ke bawah. Air yang ada di permukaan akan membeku lebih dulu daripada air yang ada di dasar.

Jadi siklus air membentuk es itu terjadi dari permukaan air menuju ke dalam / dasar. ( Ingat kan kalau kita bikin es batu, yang belum begitu sempurna, maka bagian permukaan lebih keras daripada bagian dalam). Itu terjadi karena hal di atas (anomali air).

Kalau seandainya anomali air tidak terjadi, maka volume air akan berkurang (menyusut), massa jenis air akan bertambah besar, dan proses pembekuan akan terjadi dari dasar menuju ke permukaan. Akibatnya air akan membeku dari dasar sungai atau danau lebih dahulu diikuti dengan air yang ada dipermukaan (ikan dan makhluk hidup air lain bisa mati karena air di dasar membeku lebih dulu).

Sifat anomali air ini ternyata berguna untuk menjaga ekosistem yang ada di dalam sungai atau danau tersebut. karena meski air sudah beku dipermukaan, ternyata air yang ada di dasar / dalam tidak ikut membeku sehingga makhluk hidup di dalamnya bisa bertahan, di kala musim dingin datang. Bukan tidak mungkin bila suhu menjadi sangat ekstrim (mungkin bila akibat global warming dsb) maka air akan terus membeku sampai ke dasar.

0 komentar:

Terimakasih telah berkunjung :D.Silahkan berkomentar dengan baik dan bijak :). No P*rno, No Spam, No Links, No SARA.

◄ Posting Baru Posting Lama ►