Rabu, 02 Mei 2012

Cara Membuat Virtual Memory Pada Windows 7

Virtual Memori merupakan memori sekunder yang berfungsi mendukung penggunakan memori fisik (RAM) dengan cara memindahkan beberapa proses hitungan  (computing) yang tak dibutuhkan yang kemudian dijadikan sebuah file yang dikenal dengan swap file atau page file. Tugas utama virtual memori yaitu membuat agar semua proses yang sedang berjalan.baik system maupun aplikasi dapat berjalan dengan lancar.Karena pentingnya fungsi dari virtual memori ini maka ada baiknya jika  anda meningkatkan kapasitas virtual memori tersebut terlebih bila anda sering menjalankan program-program berat atau membuka banyak file sekaligus.
Cara Membuat Virtual Memory Pada Windows 7 yaitu :

  • Klik Start ==> Pilih Computer,klik kanan dan pilih Properties
  • Klik Advanced system settings

  • Klik tab Advanced sekali lagi dan pada bagian Virtual Memory klik tombol Change.
  • Hilangkan tanda (Check Box) pada bagian Automatically manage paging file size for all drivers.
  • Pada bagian Custom size masukkan kapasitas yang dipakai untuk Virtual Memory. Kapasitas memory yang normal digunakan adalah Initial size berkapasitas 2 kali memory internal dan 4 kali lipat dari internal memory pada bagian maxumim size. Sebagai contoh, jika RAM pada komputer/notebook anda berkapasitas 1GB maka maka sebaiknya anda setting 2GB pada Initial size dan 4 kali lipat pada bagian Maximum size.


  • Setelah anda mengisi besarnya memory virtual,kemudian klik tombol Set dan lanjutkan dengan klik tombol OK. System kadang meminta anda untuk merestart komputer dan coba restart komputer anda.
    Trik ini bekerja apabila komputer anda masih berjalan normal dan membutuhkan sedikti tweaking. Jika menginginkan komputer/laptop anda bekerja lebih cepat lagi, membeli internal memory adalah pilihan yang terbaik.

0 komentar:

Terimakasih telah berkunjung :D.Silahkan berkomentar dengan baik dan bijak :). No P*rno, No Spam, No Links, No SARA.

◄ Posting Baru Posting Lama ►