Rabu, 01 Agustus 2012

Cara Upload Database Blog Dari LocalHost Ke WEB Hosting Dengan FTP

Bagaimana cara agar blog anda yang sudah di desain sedemikian rupa bagus dan menarik,namun masih berada di LocalHost ?,dan anda ingin blog menjadi Online alias dapat di akses lewat internet ?,oke hal itu akan kita bahas dalam pertemuan kali ini.
Hal yang pertama yang harus anda lakukan adalah memilih Hosting,karna hosting merupakan tempat yang akan digunakan sebagai tempat menyimpan database blog anda yang telah di upload dari localhost ke web hosting.Sebelum anda memilih web hosting mana yang akan anda gunakan nantinya,sebaiknya anda perlu hati-hati,karena sekarang banyak penyedia jasa hosting dengan harga murah namun kualitas yang tidak bisa dipertanggung jawabkan.Maksudnya,anda sudah membayar dengan sejumlah uang untuk membeli hosting selama setahun dan tidak dapat diakses.
Namun anda tidak perlu terlalu cemas,karna anda dapat menanyakan tempat web hosting yang bagus di forum-forum hosting,tapi setahu saya web hosting yang bagus yaitu yang sudah berumur lebih dari tiga tahun.
Oke sekarang kita masuk ke inti pembahasan,di sini saya menggunakan idhostinger sebagai web hosting,namun anda dapat memilih sendiri jika tidak cocok dengan web hosting yang saya pakai sebagai contoh :D.
Seperti judul di atas kita akan mengupload database blog yang ada di localhost baik wordpress maupun joomla dengan FTP,oleh karna itu untuk menggunkan FTP kita membuat akun FTP dahulu yang telah tersedia di idhostinger.

  • Peratama anda download dulu software FTP (File Transfer Protocol),softwarenya FTP yang akan kita gunakan yaitu FileZilla yang bisa anda download di sini, FileZilla ini yang akan digunakan untuk mengupload setelah anda memiliki akun FTP.
  • Setelah mendownload  FileZilla  lanjutkan dengan login ke idhostinger.
  • Pilih Tab Kontrol Panel dan pilih domain mana yang akan anda buat akun FTP dan pilih Beralih,seperti gambar dibawah ini :
  • Di sana ada 7 kolom,dan anda pilih kolom yang ke 5 yaitu kolom FILE,setelah itu Klik dan Pilih Akun FTP.

  • Setelah itu isi data yang diperlukan,yaitu : Direktori,Kuota (MB),Nama Pengguna,Password,Verifikasi Password,untuk kuota bisa anda sesuaikan sesuai kebutuhan web anda,dan untuk password sebaiknya membuat kata sandi sendiri dibandingkan dengan otomatis,takutnya ntar lupa kalau otomatis hehe :D,setelah itu klik Buat.
  • Tunggu beberapa detik karna akun FTP anda sedang dibuat dan jika sudah selesai biasanya ada pemberitahuan di pojok kanan bawah.
    Copy paste pada notepad data FTP anda yang ada pada kolom Daftar Akun FTP Aktif.
  • Install FileZilla yang telah di download tadi,dan isikan data FTP anda pada FileZilla seperti gambar dibawah ini :
  • Setelah pendataan direktori berhasil,kini saatnya upload data base blog anda,jika anda menggunakan wordpress,Folder yang harus di upload adalah Wp-Admin,Wp-Content,Wp-Includes,klik kanan pada masing-masing folder dan pilih Upload,dan tunggu sampai proses upload ketiga folder tersebut selesai.
  • Cara upload data base blog dari local host ke web hosting ini juga dapat di gunakan untuk wordpress,joomla,dll,.. :D
:) :( ;) :D ;;-) :-/ :x :P :-* =(( :-O X( :7 B-) :-S #:-S 7:) :(( :)) :| /:) =)) O:-) :-B =; :-c :)] ~X( :-h :-t 8-7 I-) 8-| L-) :-a :-$ [-( :O) 8-} 2:-P (:| =P~ #-o =D7 :-SS @-) :^o :-w 7:P 2):) X_X :!! \m/ :-q :-bd ^#(^ :ar!

2 komentar:

  1. Thanks gan, Nice inpo, sangat bermanfaat bagi saya yg sering mampir ke hostingan !

    oitz follback yah http://kayuagung-cyber.id-fb.com/#axzz1ybSSfUEP

    BalasHapus
◄ Posting Baru Posting Lama ►